Jumat, 28 Juni 2013

Tugas Etika dan Nilai Lingkungan (Cara Membuat EM4)


  TUGAS ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN

CARA MEMBUAT EM-4 SERBA GUNA
BIO-SAVE-NATURE



Oleh :
DEBY MEITIA SANDY
12131011140
email : debymeisa@ymail.com 

Dosen :Prof.Supli Effendi Rahim,PhD,MSc


Pembuatan EM-4 Serba Guna
EM-4 singkatan dari Effective Microorganisme, yaitu biakan bakteri yang biasanya digunakan sebagai activator kompos. Bakteri ini sangat berguna untuk mengembalikan sifat kimia tanah.
EM-4 pertama kali ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus. Jepang. Dalam EM 4 ini terdapat sekitar 80 genus microorganisme fermentor. Microorganisme ini dipilih yang dapat bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik. Secara global terdapat 5 golongan yang pokok yaitu:
1. Bakteri fotosintetik
2. Lactobacillus sp
3. Streptomycetes sp
4. Ragi (yeast)
5. Actinomycetes

Biakan bakteri selain EM-4 ada banyak, tetapi karena EM-4 adalah yang pertama kali masuk pasar maka semuanya disebut dengan EM, meski mereknya berbeda. Misalnya Probio-7, TON, Migro, Stardec, OrgaDec dan lain- lain. Pada prinsipnya bakteri itu berkeliaran di udara dan juga disekitar kita, di tanah, di dalam air dan lain-lain. Kitapun bisa menangkapnya dengan mudah. Hanya karena kita menangkapnya sekedar menangkapnya saja, bakteri yang kita tangkap menjadi bermacam-macam. Nah para bakteriolog, mempelajarinya satu-persatu kemudian meneliti bakteri tersebut, kemudian memisahkan dan membiakkannya secara khusus bakteri-bakteri tersebut, sehingga menghasilkan bakteri-bakteri yang bermanfaat.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
1.      Pepaya matang 0,5 kg
2.      Pisang matang 0,5 kg
3.      Nanas matang 0,5 kg
4.      Kacang panjang segar 0,25 kg
5.      Kangkung air segar 0,25 kg
6.      Batang pisang muda bagian dalam 1,5 kg
7.      Gula pasir 1 kg
8.     Air tuak dari nira 0,5 liter


Cara-cara membuat EM-4 sederhana dirumah sebagai berikut :
Pertama. Bahan-bahan yang sudah disiapkan tersebut (pepaya, kangkung air segar, nanas, pisang, kacang panjang segar, batang pisang muda) di hancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Buah-buah yang digunakan harus sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan.



Kedua. Setelah bahan dihancurkan, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata dan masukan kedalam ember kemudian campurkan gula pasir dan air tuak kedalam ember tersebut kemudian kembali diaduk hingga rata. 


Ketiga. Ember yang telah berisi campuran diatas ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari. Jangan sampai ada udara yang masuk.


Keempat. Setelah 7 hari larutan yang di hasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis, atau diperas dan diambil airnya, sedangkan ampasnya bisa digunakan untuk pupuk tanaman. Larutan tersebut di dimasukan kedalam wadah yang tertutup rapat. Maka larutan itu adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingg 6 bulan.


Kemudian EM-4 buatan di rumah secara sederhana bisa digunakan untuk menghilangkan bau di lingkungan rumah, serta bisa di jual di buat dengan kemasan yang rapi.

APLIKASI FORMULA EM 4
1.   Aplikasi EM-4 di Bidang Pertanian
   Tanaman : Padi, Palawija, Sayuran, bunga dan tanaman setahun lainnya. Dosis dan Perlakuan : Sebagai pupuk dasar, gunakan BOKASHI sebanyak 3-5 ton per Ha. Untuk penyemprotan gunakan EM-4 sebanyak 3-10 ml per liter air dilakukan setiap satu minggu sekali, disemprotkan secara merata ke tanah dan tubuh tanaman.

2.   Aplikasi EM-4 di Bidang Perternakan
   Manfaat :
 a. Mengurangi polusi bau khususnya pada kandang ternak dan lingkungan sekitarnya.
 b. Mengurangi stres pada ternak
 c. Menyehatkan ternak
 d. Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam perut ternak
 e. Meningkatkan nafsu makan ternak
 f. Menekan penyakit pada ternak
 g. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ternak
   Cara Pemakaian :
      
Sebagai air minum ternak, Larutkan 1 cc EM-4 per satu liter air minum setiap hari.
Larutkan 1 cc EM-4 per satu liter air, kemudian disemprotkan ke dalam pakan ternak.
      Untuk mencegah bau kotoran dan kandang ternak, larutkan EM-4 dan Molas ke dalam air dengan perbandingan 1:1:100 kemudian disimpan dalam tempat yang tertutup rapat selama 1-2 hari kemudian dipergunakan untuk menyemprot kandang dan pada badan ternak dengan dosis 10 cc larutan dalam 1 liter air.

3.    Aplikasi EM-4 di Bidang Perikanan
   Manfaat :
- Memperbaiki mutu air tambak.
- Menguraikan bahan-bahan sisa makanan, kotoran udang / ikan menjadi  
         senyawa organik yang bermanfaat.
- Menekan serangan mikroorganisme patogen.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tambak.
- Menekan hama dan penyakit
  Cara Pemakaian :
       Pada saat pengolahan dasar tambak diberikan Bokashi sebanyak 5 ton/ha, selanjutnya disiram larutan EM-4 sebanyak 4 liter/ha dan dibiarkan selama 2 minggu. Pada saat masa pertumbuhan diberikan EM-4 sebanyak 16 liter per hektar. Interval waktu pemberian EM-4 adalah 1 bulan sekali atau tergantung pada kondisi air tambak.


Selamat Mencobaaaa :)
Jaga Lingkungan kita untuk Generasi Selanjutnya,,,,,,,,,,,,, OKEeeeeHhhh !!

 

2 komentar: